BERSIAP UNTUK PIMNAS 2010 DI BALI

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) merupakan ajang ilmiah bergengsi yang diselenggarakan oleh DP2M dan DIKTI Depdiknas setiap tahunnya. Lomba inti dari ajang PIMNAS ini adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terbagai menjadi beberapa bidang. Yaitu :
1. PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM)
2. PKM Penelitian (PKMP)
3. PKM Teknologi dan Inovasi (PKMT)
4. PKM Kewirausahaan (PKMK)
5. PKM Gagasan Tertulis (PKMGT)
6. PKM Artikel Ilmiah (PKMAI)

PKM nomor 1 sampai dengan nomor 4 adalah PKM yang sudah mulai diproses sejak bulan Oktober tahun sebelumnya. PKM tersebut mengharuskan setiap tim yang mengikuti untuk mengajukan proposal terlebih dahulu. setelah itu DIKTI akan mengumumkan pada bulan Desember-Januari, proposal mana yang disetujui dan didanai. Tahap selanjutnya, tiap-tiap tim yang sudah disetujui proposalnya diberikan waktu untuk mengimplementasikan programnya seolama kuran lebih 3 bulan.

Bagi teman-teman yang sudah berhasil melewati tahap tersebut, bersiaplah untuk melakukan tahap MONEV. MONEV merupakan tahap monitoring dan evaluasi hasil implementasi program yang telah dijalankan. Persiapkan dengan sebaik mungkin untuk para tim PKM UI untuk melaksanakan MONEV tanggal 24 sampai dengan tanggal 26 Mei 2010. Jika berhasil dalam tahap monev ini, maka kalian berhak maju ke PIMNAS yang tahun 2010 ini akan diselenggarakan di Universitas Mahasaraswati Denpasar BALI.

Berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah PKMGT yang teman-teman sudah mengajukan pada bulan Maret 2010. Maka terus update pengumumannya di http://dp2m.dikti.go.id/. PKMGT yang berhasil dinyatakan lolos, maka dia berhak melakukan presentasi di Ajang PIMNAS yang rencanannya digelar bulan Juli Minggu ke 2.

Jenis PKM dari nomor satu sampai dengan nomor lima, Jika teman-teman lolos ke PIMNAS, yang perlu dipersiapkan selain bahan presentasi adalah Poster dari PKM kalian masing-masing. Jadi poster dalam hal ini bukan lomba yang terpisah dari PKM. Meskipun demikian juara Poster bisa berbeda dengan juara PKM itu sendiri. Setiap peserta PKM mempunyai kesempatan menjadi pemenang PKM itu sendiri dan/ atau lomba poster.

Berbeda dengan PKM yang sudah disebutkan dari nomor satu sampai dengan nomor lima, PKMAI tidak melewati tahap presentasi di PIMNAS. jadi PKMAI cukup mendapatkan penghargaan dan karyanya akan dibukukan.

Jika teman-teman UI ada yang mengetahui dirinya lolos ke PIMNAS, silahkan hubungi saya di nomor: 085718570740 atau 021 995 82 282. Akan ada coaching bagi kalian sebelum berjuang di Bali nanti.

Sebagai info, ketua Kontingen UI untuk PIMNAS 2010 adalah Bapak Rissalwan Habdy Lubis, S.SOs, M.Si. Beliau adalah manajer kemahasiswaan dan hubungan alumni FISIP UI. Sedangkan tim coaching untuk kontingan UI adalah Pak Adila (mahalum Fasilkom), Pak Banu (Mahalum FE), dan saya sendiri.

Semoga kkontingen UI dapat mempersembahkan prestasi yang terbaik bagi UI di PIMNAS 2010 Bali.

KEEP UP YOUR SPIRIT & YOUR SMILE :-D
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to " BERSIAP UNTUK PIMNAS 2010 DI BALI "