DILEMA KEBANGGAAN MAPRES UI 2010

Malam Apresiasi Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia 2010 digelar di Balairung UI tanggal 12 Mei 2010. Malam ini menjadi malam yang sangat membanggakan bagi rekan-rekan mahasiswa UI yang telah mengukir prestasi baik di bidang seni, olahraga, maupun bidang penalaran. Dengan rangkaian persembahan karya seni luar biasa dari Bintang Pop UI, Paragita, Liga Tari, maupun Nunung CS sebagai bintang tamu yang diundang, acara ini ditutup dengan pengumuman dan penganugerahan gelar MAHASISWA BERPRESTASI UTAMA UI 2010.

Sebelum diumumkan juara utama 1, 2, dan 3, Manajer Mahalum FK terlebih dahulu mengumumkan orang-orang yang terbaik dalam kemampuan bahasa Inggris dan Karya Tulis. Berikut penghargaan dalam Kemampuan Bahasa Inggris:
Terbaik 3 Tantia Dian Permata Indah (FE)
Terbaik 2 Naufal (FH)
Terbaik 1 Caroline Rainintha Siahaan (FISIP)
Penghargaan dalam Karya Tulis :
Terbaik 3 Caroline Rainintha Siahaan (FISIP)
Terbaik 2 Tantia Dian Permata Indah (FE)
Terbaik 1 Felix Chikita (FK)

Pengumuman kategori Kemampuan Bahasa Inggris dan Karya Tulis tergolong tidak biasa diumumkan karena tahun-tahun sebelumnya langsung diumumkan peringkat 1, 2, dan 3 Mapres Utama UI. Barulah kemudian diumumkan Juara MAPRES Utama UI 1, 2, dan 3. Hal yang tidak sama dengan tahun sebelumnya, nilai-nilai ketiga peringkat tersebut tidak diumumkan. Berikut Juaranya :

Juara 3 : Felix Chikita (FK UI 2007)
Juara 2 : Andreas Senjaya (FASILKOM 2007)
Juara 1 : Tantia Dian Permata Indah (FE 2006)

Dengan diumumkannya juara ini, terhitung 2 kali berturut-turut FE telah berhasil menjuarai kompetisi MAPRES UI. Tahun 2009 tercatat Muchdlir Zauhariy (alumni SMAN 2 Jombang) sebagai juara 1 Mapres Utama UI yang juga sama-sama angkatan 2006 dengan mapres Utama UI saat ini.

Kompetisi Mapres kali ini terus terang menjadi dilema tersendiri bagi saya pribadi. Pasalnya saya cukup dekat dengan beberapa finalis Mapres Utama UI. Di satu pihak, sebagai mahasiswa FISIP saya punya keterikatan moral dan harapan agar Mapres FISIP lah yang mengjadi juara Mapres Utama UI yaitu Rainintha Siahaan. Di pihak lain, sebagai peserta sekolah kepemimpinan PPSDMS Nurul Fikri saya juga punya keterikatan moral peserta dari PPSDMS lah yang menjadi juara yaitu Andreas Senjaya dari FASILKOM dan Ariyadul Qolbi dari FT. Di pihak lain pula, sebagai penerima beasiswa Goodwill Internasional saya juga punya interest untuk mendukung Hafiza mapres utama FIK.

Inilah dilema yang saya maksud. Di satu sisi saya sangat menyayangkan Rain Mapres Utama FISIP yang harus puas dengan duduk di peringkat 5 MAPRES Utama UI. Sedangkan jelas-jelas sebelumnya diumumkan bahwa dia terbaik pertama di kemampuan bahasa Inggris dan Terbaik ketiga dalam Karya Tulis. Secara hitungan kedua aspek tersebut layaknya dia menjadi juara 1, atau paling tidak tetap masuk 3 besar. tapi ternyata tidak. Kesimpulan yang didapatkan jelas Rain ternyata jatuh di aspek nilai CV yang besarannya 30 persen dari total keseluruhan penilaian. Tapi di sisi lain saya juga harus mengakui kalau turut bahagia dengan raihan prestasi Ariyadul Qolbi FT yang berhasil menyabet peringkat 4 dan Andreas Senjaya sebagai Runner Up MAPRES Utama UI.

Diluar dilema tersebut, yang jelas saya bangga punya rekan-rekan hebat seperti kalian semua. Untuk Rain mapres utama terbaik FISIP UI 2010..bagi saya dan bagi FISIP tentunya, kamu telah menunjukkan usaha terbaikmu. Jadi apapun hasilnya.. saya yakin tidak akan mengurangi rasa bangga FISIP UI terhadapmu. Untuk Hafiza, kami rekan-rekanmu di Goodwill Internasional tetap bangga padamu.. Dan saya yakin begitu pula dengan teman-temanmu di FIK.

Untuk semua Juara..jadikanlah gelar yang kalian emban sekarang sebagai tanggung jawab untuk memberikan contoh yang terbaik dan memberikan kontribusi nyata kalian bagi UI khususnya dan bagi orang-orang di sekitar kalian. Harumkan terus almamater tercinta Universitas Indonesia. Meskipun jujur, saya juga sedikit mengalami dilema dalam hal ini. Karena malam yang bersamaan saya mendapatkan kabar bahwa rekan saya satu almamater SMAN 2 Jombang berhasil menjadi Juara Mapres Utama Universitas Brawijaya Malang, Zulfikar Syam Bani Ulhaq FK UB 2006.

Tapi tentu dalam hal ini saya juga harus tetap mendukung sesuai proporsi saya. UI adalah kampusku tercinta. Selamat bertanding lagi rekan-rekanku di tingkat Nasional. semoga hasil yang terbaik yang didapat.

JAYALAH TERUS INDONESIA
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to " DILEMA KEBANGGAAN MAPRES UI 2010 "